Olahraga Viral

Perempat Final Euro 2024 – Formasi dan Prediksi Malam Ini, 5 Juli 2024

Dua pertandingan terbaik dari semua laga Euro 2024 bisa disaksikan malam ini, antara Spanyol vs Jerman dan Portugal vs Prancis. Tim raksasa sepak bola ini akan berkompetisi sengit demi tiket semifinal liga Eropa dalam babak perempat final Euro 2024. Siapa yang kira-kira akan lolos malam ini? Yuk baca ulasan dari admin KARTEL.

BACA JUGA: Prediksi Pertandingan Grup atas perempat final Euro 2024 tanggal 6 Juli 2024

Jadwal Euro 2024 malam ini 5 Juli 2024

Ada dua momen paling di tunggu dalam dunia fans sepak bola, yaitu saat top tim negara terbaik bertanding atau saat dimana pemain bintang bertemu dalam kompetisi akbar. Dan hari ini merupakan salah satu hari terbaik bagi para penggemar bola, karena jadwal euro 2024 malam ini akan memenuhi hasrat semua pecinta bola.

Pertandingan pertama akan di awali oleh Spanyol melawan Jerman, sang tuan rumah Euro 2024. Dua negara ini merupakan musuh bebuyutan yang selalu bersaing ketat dalam sepak bola Eropa. Baik Spanyol maupun Jerman memiliki pemain bintang dan tim terbaik yang sudah diakui dalam liga-liga Eropa.

Jadwal pertandingan Spanyol Jerman ini akan berlangsung pada pukul 11.00 WIB bertempat di MHPArena, Stuttgart. Tonton dari channel bola atau layanan streaming favorit kalian.

Pertandingan kedua adalah antara Portugal vs Prancis. Lagi-lagi pertandingan seru yang layak ditunggu apalagi buat fans CR7. Kenapa tidak? Laga ini ibarat laga 2 bintang antara Christiano Ronaldo vs Kylian Mbappe. Pertandingan kali ini juga merupakan pertemuan ulangan dari final Euro 2016.

Jadwal laga kedua dari Perempat final Euro 2024 antara Portugal Prancis ini akan berlangsung malam ini pukul 02:00 WIB di Volksparkstadion di Hamburg.

Pastinya pertandingan hari ini sangat worthed dan patut ditunggu bagi kalian bola mania sejati. Jadi jangan lupa lembur, siapin kopi dan begadang ya kawan.

Pertandingan Spanyol vs Jerman

© Reuters

Setelah memenangkan ketiga pertandingan grup di Liga Eropa untuk pertama kalinya sejak 2008, Spanyol tetap menjadi satu-satunya negara di Euro 2024 yang memiliki catatan sempurna dari empat pertandingan setelah bangkit dari ketertinggalan untuk mengalahkan Georgia 4-1 di babak 16 besar pada hari Minggu.

Spanyol terkejut pada menit ke-18 ketika Robin Le Normand secara tidak sengaja membelokkan bola ke gawangnya sendiri, membuat Georgia unggul – gol pertama yang diterima La Roja di Euro 2024. Namun, Rodri menyamakan kedudukan menjelang akhir babak pertama, sebelum Spanyol melanjutkan untuk mengungguli tim Georgia yang penuh semangat di babak kedua.

Fabian Ruiz, Nico Williams, dan Dani Olmo semuanya mencetak gol untuk melengkapi kebangkitan dengan gaya yang produktif dan memperpanjang catatan tak terkalahkan Spanyol di Liga Eropa menjadi 10 pertandingan (tidak termasuk adu penalti).

Tim muda dan enerjik Luis de la Fuente telah memukau dalam perjalanan mereka ke perempat final, mencapai tahap ini untuk keempat kalinya dalam lima penampilan terakhir mereka di Euro, bahkan Joshua Kimmich dari Jerman mengakui bahwa “Spanyol adalah tim yang paling mengesankan sejauh ini” di turnamen musim panas ini.

Peringkat kedelapan di dunia oleh FIFA, Spanyol memasuki pertarungan besar pada hari Jumat tanpa kalah dalam enam pertemuan kompetitif terakhir mereka (M3 S3) dengan Jerman sejak 1998, terakhir kali bermain imbang 1-1 di babak grup Piala Dunia 2022.

La Roja pasti akan mengenang kemenangan 1-0 mereka atas Jerman di final Euro 2008, berkat gol dari Fernando Torres di babak pertama, serta kemenangan telak 6-0 di Liga Bangsa-Bangsa UEFA pada November 2020 di mana nama Ferran Torres mencuri perhatian dengan hat-trick yang berkesan.

Namun, Spanyol belum pernah mengalahkan negara tuan rumah di babak knockout Euro atau Piala Dunia, gagal memenangkan sembilan pertandingan terakhir mereka sejak 1934.

© Reuters

Tuan rumah Jerman tetap berada di jalur untuk memenangkan gelar Liga Eropa pertama mereka sejak 1996 setelah mereka berjuang melewati tim Denmark yang kompetitif untuk menang 2-0 di babak 16 besar pada hari Sabtu.

Pada malam penuh drama, yang terhenti oleh badai petir di babak pertama termasuk serangkaian sambaran petir yang hebat, dan kemudian diwarnai kontroversi VAR, Jerman menang berkat gol babak kedua dari Kai Havertz dan Jamal Musiala – yang terakhir kini menjadi salah satu dari empat pemain di puncak daftar pencetak gol Euro 2024 dengan tiga gol.

Setelah “pertandingan liar” di Dortmund, Julian Nagelsmann mengklaim bahwa para pemain Jermannya “mulai menyadari betapa bagusnya mereka” setelah kini berhasil mencapai perempat final turnamen besar untuk pertama kalinya sejak Euro 2016 – pertandingan pada hari Jumat akan menjadi perempat final ke-19 Jerman di Piala Dunia (14) dan Euro (lima), yang terbanyak dari negara Eropa mana pun di dua turnamen besar ini.

Jerman berada di peringkat tiga besar untuk gol terbanyak (10), serangan terbanyak (265), percobaan tembakan terbanyak (71), rata-rata penguasaan bola tertinggi (62%), dan gol kebobolan (dua) menuju babak delapan besar Euro 2024, dan dengan dukungan penuh semangat dari penonton tuan rumah, Die Mannschaft telah menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan.

Terpuruk di peringkat 16 FIFA di tengah kesulitan mereka di era pra-Nagelsmann, Jerman hanya memenangkan dua dari 11 pertemuan terakhir mereka dengan Spanyol di semua kompetisi – yang terakhir adalah kemenangan tipis 1-0 di pertandingan persahabatan pada November 2014 berkat gol kemenangan pada menit ke-89 dari Toni Kroos.

Jerman memiliki alasan untuk optimis pada hari Jumat, karena mereka tidak terkalahkan dalam delapan pertandingan terakhir mereka melawan La Roja di kandang sendiri (M5 S3), sementara tidak ada negara tuan rumah yang pernah tereliminasi dari tahap perempat final Liga Eropa.

Prediksi Formasi dan Line up Spanyol vs Jerman

Bos Spanyol De la Fuente diharapkan menurunkan susunan pemain yang tidak berubah pada hari Jumat, dengan sensasi berusia 16 tahun Lamine Yamal dan bintang Athletic Bilbao Nico Williams akan bergabung dengan kapten Alvaro Morata dalam serangan tiga pemain.

Baik Olmo maupun Mikel Merino akan berusaha untuk memulai di depan Pedri di lini tengah, tetapi Pedri masih diharapkan untuk melanjutkan di starting XI bersama Rodri dan Fabian Ruiz.

Nacho Fernandez telah pulih dari cedera kaki ringan dan siap untuk dipilih, tetapi pemain Al-Qadsiah itu tidak mungkin menggantikan Le Normand atau Aymeric Laporte di bek tengah, sementara Dani Carvajal dan Marc Cucurella seharusnya terus bermain sebagai bek sayap.

Adapun Jerman, Nagelsmann kemungkinan akan kembali mengutak-atik susunan pemainnya dan akan mempertimbangkan apakah akan memanggil kembali bek tengah Jonathan Tah – yang menjalani skorsing di babak 16 besar – dengan mengorbankan Nico Schlotterbeck.

Bek kiri Maximilian Mittelstadt dicadangkan saat melawan Denmark, tetapi ia akan berusaha untuk kembali ke starting XI menggantikan David Raum, sementara Florian Wirtz bisa kembali di sisi kiri serangan menggantikan Leroy Sane, memungkinkan Musiala untuk berpindah ke kanan.

Niclas Fullkrug mencetak gol penyeimbang dalam hasil imbang 1-1 dengan Spanyol di Piala Dunia 2022, tetapi ia tidak diharapkan menggantikan Kai Havertz sebagai penyerang tengah, sementara trio gelandang Kroos, Robert Andrich, dan Ilkay Gundogan diharapkan tetap utuh.

Perkiraan susunan pemain Spanyol: Simon; Carvajal, Le Normand, Laporte, Cucurella; Pedri, Rodri, Ruiz; Yamal, Morata, Williams

Perkiraan susunan pemain Jerman: Neuer; Kimmich, Tah, Rudiger, Raum; Kroos, Andrich; Musiala, Gundogan, Wirtz; Havertz

Prediksi Hasil Skor Pertandingan Spanyol vs Jerman : 2 – 1

Pertandingan ketat tidak bisa dihindari pada hari Jumat mengingat bahwa setiap dari empat pertemuan terakhir antara kedua negara ini di turnamen besar hanya menghasilkan enam gol (Spanyol empat, Jerman dua), sementara tidak lebih dari dua gol telah dicetak dalam enam dari tujuh pertemuan terakhir di semua kompetisi.

JermanWWDW
SpanyolWWWW
Hasil 4 pertandingan terakhir masing-masing tim

Pertarungan 50-50 ini bisa berjalan ke arah mana saja dan sedikit yang akan terkejut jika pertandingan berlanjut lebih dari 90 menit, tetapi kami merasa bahwa Spanyol mungkin memiliki keunggulan untuk lolos ke semifinal dan menutup perjalanan Jerman di Euro yang diadakan di rumah mereka sendiri.

Pertandingan Portugal vs Prancis

Tim Roberto Martinez berhasil mengalahkan Slovenia yang bersemangat melalui adu penalti untuk melanjutkan pencarian mereka akan kejayaan, sementara Les Bleus juga tidak terlalu meyakinkan dalam kemenangan 1-0 mereka atas Belgia.

Pertarungan di Deutsche Bank Park antara Portugal dan Slovenia pada hari Senin merupakan tragedi dan kemenangan bagi bintang Selecao, Ronaldo, yang upayanya mencetak gol di Euro 2024 tetap sia-sia, berkat penyelamatan penalti heroik Jan Oblak di waktu tambahan dari pemain berusia 39 tahun itu.

© Reuters

Air mata mengalir dari wajah Ronaldo sebelum Slovenia menjaga Martinez dan anak buahnya dari mencetak gol selama 15 menit terakhir dari 120 menit, tetapi ketika Ronaldo, Bernardo Silva, dan Bruno Fernandes semua mencetak gol dari jarak 12 yard, Slovenia bertemu dengan tembok tak tertembus di Diogo Costa.

Menggantikan Ronaldo sebagai pahlawan Portugal malam itu, Costa menjadi kiper pria pertama yang pernah menyelamatkan tiga penalti dalam adu penalti di Liga Eropa untuk membawa juara 2016 ke perempat final, menyelamatkan rekan-rekan setimnya yang terus-menerus ditolak oleh pasukan gagah berani Matjaz Kek.

Sudah lebih baik dari kekalahan menyakitkan mereka di babak 16 besar Euro 2020 yang tertunda, Portugal akan dihadiahi dengan semifinal yang sama sulitnya melawan Spanyol atau Jerman jika mereka menaklukkan Prancis di Hamburg, tetapi sepatu menembak mereka telah meninggalkan mereka pada waktu yang paling tidak tepat.

Memang, tim Martinez sekarang tidak mencetak gol dalam dua pertandingan Euro 2024 terakhir mereka – setelah juga dikagetkan oleh Georgia dengan skor 2-0 dalam pertandingan terakhir Grup F mereka – tetapi lawan mereka yang akan datang juga tidak mencapai puncak serangan yang diharapkan dari mereka.

© Reuters

Dalam empat pertandingan Liga Eropa ini, belum ada pemain Prancis yang mencetak gol melalui permainan terbuka, tetapi faktanya adalah bahwa tim Didier Deschamps menjadi perempat finalis sekali lagi, mengusir setan kekecewaan Euro 2020 mereka.

Setelah penampilan grup yang kurang memuaskan – di mana satu-satunya gol mereka datang melalui bek Austria Maximilian Wober dan penalti Kylian Mbappe – Prancis bertanding melawan Belgia yang memiliki perpaduan bakat muda dan generasi emas yang disebut-sebut, dan anggota dari yang terakhir yang memutuskan nasib kedua tim.

Tim Belgia yang kelelahan telah menjaga juara dunia 2018 pada jarak aman selama 85 menit, hingga upaya Randal Kolo Muani membelok dengan kejam dari Jan Vertonghen, mengutuk Setan Merah untuk lebih banyak penderitaan turnamen besar di Dusseldorf.

Meskipun serangan Les Bleus yang agak menyedihkan, Deschamps seharusnya bangga dengan penampilan defensif yang luar biasa lainnya saat Prancis menjaga clean sheet ketiga mereka dalam empat pertandingan Euro 2024, dan penalti Robert Lewandowski untuk Polandia adalah satu-satunya gol yang kebobolan Les Bleus dalam enam pertandingan terakhir mereka.

Sementara pertarungan langsung Ronaldo vs Mbappe akan mencuri perhatian sebelum pertandingan, seorang striker yang kurang dihormati, Eder, dengan penuh kenangan menciptakan satu-satunya gol dalam kemenangan final Euro 2016 Portugal yang bersejarah atas Prancis, meskipun itu adalah satu-satunya kemenangan Selecao dari 13 pertemuan terakhir mereka melawan Les Bleus, yang berakhir imbang 2-2 dalam fase grup 2021 dalam pertandingan tiga penalti.

Prediksi Formasi dan Line up Portugal vs Prancis

Martinez dan para fisioterapis Portugal perlu melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap para pemain mereka yang menyelesaikan 120 menit pada hari Senin, tetapi saat ini, tidak ada masalah kebugaran serius yang perlu dilaporkan oleh juara 2016 menjelang perempat final.

Akibatnya, starting XI yang tak berubah kemungkinan akan diturunkan pada hari Jumat, di mana penampilan ke-212 akan datang untuk Ronaldo, yang sekarang telah melepaskan 20 tembakan ke gawang tanpa mencetak gol di turnamen; hanya empat pemain pria yang memiliki lebih banyak tanpa sukses dalam sejarah Euro.

Diogo Jota dan Francisco Conceicao tampaknya menjadi yang pertama dalam antrean untuk promosi dari bangku cadangan, tetapi Silva dan Rafael Leao telah mengamankan tempat mereka dalam serangan Selecao, sementara Vitinha dan Joao Palhinha seharusnya tidak dalam bahaya kehilangan tempat mereka di lini tengah.

Namun, harus ada satu perubahan pada XI Prancis, karena Adrien Rabiot – sekarang agen bebas setelah kontraknya dengan Juventus berakhir – diskors karena menerima kartu kuning kedua dalam turnamen ini pada kemenangan babak 16 besar atas Belgia.

Salah satu dari Ousmane Dembele, Eduardo Camavinga, Youssouf Fofana atau Warren Zaire-Emery bisa mengambil tempat Rabiot tergantung pada formasi yang diinginkan Deschamps, dan satu-satunya kemungkinan absen dari Bleus adalah Kingsley Coman, yang seperti Phil Foden sebelumnya di turnamen telah meninggalkan kamp untuk kelahiran anaknya.

Rabiot merupakan bagian dari lini tengah berlian untuk Les Bleus di Dusseldorf, memungkinkan Marcus Thuram memimpin serangan bersama Mbappe, tetapi striker Inter Milan itu ditarik keluar hanya satu jam bermain dan tentu saja berisiko digantikan oleh Kolo Muani.

Perkiraan susunan pemain Portugal: Costa; Cancelo, Dias, Pepe, Mendes; Palhinha, Vitinha; Silva, Fernandes, Leao; Ronaldo

Perkiraan susunan pemain Prancis: Maignan; Kounde, Saliba, Upamecano, Hernandez; Kante, Tchouameni, Camavinga; Griezmann; Mbappe, Kolo Muani

Prediksi Hasil Skor Pertandingan Portugal vs Prancis : 0 – 1

Tim Portugal yang tidak mencetak gol dalam dua pertandingan akan menghadapi tim Prancis yang hanya kebobolan satu gol dalam enam pertandingan terakhir mereka, menunjukkan kemungkinan penderitaan ofensif lebih lanjut bagi Selecao, yang pertahanannya sendiri masih diharapkan dapat bertahan untuk periode yang panjang melawan serangan Les Bleus yang sama-sama lemah.

PortugalWWLW
PrancisWDDW
Hasil 4 pertandingan terakhir masing-masing tim

Apakah hari Jumat adalah hari ketika salah satu pemain Deschamps mencetak gol dari permainan terbuka masih harus dilihat, tetapi para pemenang Piala Dunia 2018 tidak kekurangan metode untuk memaksa bola masuk ke gawang, dan untuk alasan itu, kemenangan tipis lainnya bisa datang kepada Les Bleus dan mengakhiri karier Ronaldo di Euro.

To top