Games Ulasan

Review Game: Terra Memoria (Switch)

Launch Trailer Terra Memoria – Sumber: Youtube

Terra Memoria adalah game dengan genre turn-based RPG yang dikembangkan oleh La Moutarde. Game ini menggunakan art style terbaru HD2D ala retro piksel yang mengajak pemain untuk nostalgia ke era 16-bit.

Grafis game ini mencoba perpaduan campuran antara model karakter pixelated dan efek visual grafis 3D dengan latar dunia sihir di mana kristal merupakan sumber kekuatan dunia. Baik dari segi tema dan tampilan tentunya cukup mengingatkan pada waralaba RPG yang sangat populer besutan Square Enix.

Gim ini bercerita petualangan enam karakter yang berkumpul untuk menyelidiki mengapa kristal menghilang secara misterius. Sedikit mirip dengan Octopath Traveller bukan?

Meski demikian, Terra Memoria memiliki sistem pertempuran yang sangat berbeda yakni turn-based (bergiliran). Bagi pecinta game tactical, pasti sudah tidak asing dengan mode permainan seperti ini.

Dalam game ini, setiap musuh memiliki dua kelemahan elemen dan shield pelindung (umumnya 3 namun pada musuh bos bisa mencapai 8). Setiap serangan akan menghilangkan satu pelindung, tetapi serangan yang sesuai dengan kelemahan elemen musuh akan menghilangkan dua pelindung selain memberi damage besar.

Dengan demikian, penggunaan elemen yang berbeda sangatlah cocok untuk membunuh musuh dengan cepat. Namun, secara garis besar, pertempuran cukup mudah sehingga tidak memerlukan banyak strategi selain spam skill elemental dan heal saat HP rendah.

Salah satu kekurangan Terra Memoria dari segi gameplay adalah tidak ada sistem kabur dari pertempuran. Bisa dikatakan ini sangat menjengkelkan karena game ini bersifat menjelajah antar area dan terkadang kita harus kembali ke area awal yang sudah jauh di bawah level kita.

Untungnya, musuh dalam game ini tidak muncul secara acak. Musuh berpatroli di sekitar area dan akan menjadi agresif ketika karakter mendekat, sehingga mau tak mau masuk ke layar pertarungan. Seandainya saja developer game ini membuat aggro musuh menurun ketika ada perbedaan 10+ level di bawah kita.

Kisah Terra Memoria dibuat per bagian: setiap karakter dalam grup memiliki cerita tersendiri. Sayangnya, tidak ada detail penyempurnaan cerita untuk masing-masing karakter. Alur cerita berakhir setelah pertempuran bos terakhir (yang cukup mudah menurut admin). Bisa jadi game ini bakal merilis DLC tersendiri untuk penambahan cerita bagi karakter di dalamnya.

Fitur keren yang ditampilkan Terra Memoria adalah mekanik bangunan sederhana di mana karakter bertanggung jawab untuk membangun kota baru. Bahan yang diperlukan untuk pembangunan bisa dibeli; jadi tidak perlu mengumpulkan apa pun selain grinding untuk mencari koin game. Penduduk kota terkadang memiliki misi, dan memberikan hadiah beragam termasuk jenis bangunan baru untuk dibuat.

Secara keseluruhan, Terra Memoria tidak termasuk dalam RPG yang terlalu wah baik dibandingkan dengan game lainnya. Meski memiliki fitur grafis yang indah dengan sistem pertempuran sederhana, namun karena kurangnya cerita yang mendalam membuat RPG ini terkesan biasa -biasa saja.

Namun, sebagai permainan yang memiliki gameplay dengan mekanik yang cukup mudah tanpa stress, membuat permainan ini cocok bagi kalian yang senang menikmati game santai atau RPG untuk pemula.

To top