Olahraga Viral

Semifinal Euro 2024 : Prediksi Skor dan Formasi Spanyol vs Prancis

VIrtual Culture Network – Perjalanan menuju final Euro 2024 tinggal satu putaran lagi. Subuh ini, 10 Juli 2024 pukul 02:00 WIB, dua raksasa sepak bola Eropa, Spanyol dan Prancis akan berlaga memperebutkan tiket emas untuk menjadi finalis liga Eropa 2024 ini. Yuk intip prediksi dari admin KARTEL.

Dengan rekor sempurna sejauh ini, tim La Roja berhasil mencapai Munich setelah mengalahkan Jerman sang tuan rumah di babak sebelumnya; sementara itu, sang Les Bleus mencapai empat besar melalui kemenangan adu penalti yang menegangkan atas Portugal.

Tentunya, kita berharap pertandingan kali ini akan sama serunya dengan laga babak perempat final Euro 2024 kemarin, dimana banyak hal tak terduga terjadi, mulai dari rentetan gol di menit-menit awal hingga babak perpanjangan waktu yang terjadi berturut-turut selama empat pertandingan terakhir. Ini membuktikan bahwa tim liga Eropa yang berhasil sampai di tahap ini memiliki kualitas permainan yang sangat baik.

Profil Tim Spanyol sang La Roja

Pertemuan dua tim terkuat Eropa di perempat final pertama Euro 2024 memicu banyak ekspektasi dan harapan yang pada akhirnya menunjukkan siapa yang lebih unggul, saat Spanyol mencetak gol di perpanjangan waktu untuk meraih kemenangan 2-1 di Stuttgart.

© Reuters

Dani Olmo – yang masuk menggantikan Pedri karena cedera di menit-menit awal – berhasil membawa La Roja unggul terlebih dahulu, sebelum akhirnya Jerman menyamakan kedudukan melalui Florian Wirtz. Saat banyak yang berharap pertandingan seimbang itu bisa berlanjut ke adu penalti, tanpa disangka Mikel Merino mencetak gol dengan sundulan yang akhirnya memastikan posisi timnya di semi-final.

Di bawah asuhan Luis de la Fuente, tim Spanyol tampil begitu luar biasa dan menjadi satu-satunya tim yang memenangkan lima pertandingan sejauh ini. Sebagai informasi, dalam sejarah Liga Eropa / Kejuaraan Euro, belum ada negara yang menang enam kali dalam satu putaran final, atau bahkan mencatat enam kali kemenangan berturut-turut.

Banyak pujian diberikan kepada mantan pelatih U-21 ini, yang berani mengusulkan perubahan taktik setelah mengambil alih tugas dari Luis Enrique dan sekarang menuai hasilnya: tim Spanyol mencatat penguasaan bola lebih rendah dibanding lawan mereka dua kali selama musim panas ini (48% vs Jerman, 47% vs Kroasia), dimana jumlah ini lebih banyak daripada 44 pertandingan pada turnamen besar selama Piala Dunia 2006 dan 2022.

Pendekatan yang lebih variatif melalui umpan cepat dan operan lambung dari sisi sayap, terbukti sangat sukses, karena sejak awal 2023, La Roja memiliki persentase kemenangan terbaik dari negara Eropa mana pun, memenangkan 15 dari 19 pertandingan di bawah De la Fuente.

Kemenangan di UEFA Nations League baru-baru ini semakin menumbuhkan keyakinan dan arah perjalanan tim, dimana mereka berada dalam performa terbaik mereka sejak masa kejayaan Juni 2010.

Spanyol telah lolos dari empat dari lima semi-final Kejuaraan Eropa hingga saat ini – meskipun mereka kalah dalam adu penalti pada tahap ini tiga tahun lalu dari Italia, pemenang sebelumnya – dan sekarang akan berjuang untuk mendapatkan tiket melawan Inggris atau Belanda pada hari Minggu nanti.

Ini akan menjadi final kontinental ke-lima bagi negara Iberia, dan yang pertama setelah masa kejayaan mereka yang singkat dalam kemenangan di Euro 2012.

Profil Tim Prancis sang Les Bleus

Sementara itu, Prancis bertujuan untuk mencapai final Kejuaraan Eropa keempat mereka, tetapi merupakan yang kedua kalinya dimainkan di luar tanah Prancis.

© Reuters

Didier Deschamps ditugaskan setelah terakhir – kalah dari Portugal di Paris tahun 2016 – dan pemenang dua kali Piala Dunia ini berniat untuk mencapai hasil lebih baik kali ini.

Sejak kalah di final Piala Dunia terakhir, tim berbakatnya mulai tersendat, dan kemajuan mereka ke semi-final jauh kurang lancar dibandingkan dengan Spanyol, yang menyapu bersih Kroasia, Italia, Albania, dan Georgia sebelum mengalahkan tuan rumah turnamen.

Setelah kalah dari Austria untuk posisi teratas di Grup D, Prancis tidak terinspirasi dalam kemenangan 16 besar mereka atas Belgia sebelum akhirnya menang tipis atas Portugal di perempat final.

Kiper Mike Maignan harus melakukan beberapa penyelamatan krusial untuk membawa pertandingan ke perpanjangan waktu, yang pada akhirnya berlanjut dengan adu penalti di Hamburg, di mana Theo Hernandez berhasil melakukan tendangan penentu kemenangan mereka dari jarak 12 yard.

Kekhawatiran atas penampilan dan kebugaran kapten Kylian Mbappe kembali muncul, karena bintang terbaru Real Madrid itu terpaksa keluar sebelum adu penalti, tetapi Les Bleus sekali lagi menemukan cara untuk menyelesaikan misi mereka.

Mbappe, yang bermain dengan topeng karena cedera hidung, hanya bisa mencetak empat gol dalam lima pertandingan Euro 2024 mereka sejauh ini – tiga dalam pinalti dan hanya satu saat pertandingan – melalui gol bunuh diri.

Sebagai satu-satunya tim yang tercatat melakukan lebih dari 50 tembakan non-penalti dan gagal memasukkan bola ke gawang di putaran final Eropa, Prancis mungkin tidak sehebat rekan Spanyol mereka – yang mereka kalahkan 2-1 dalam pertemuan terakhir mereka di final Nations League 2021 – tetapi sangat sedikit yang akan bertaruh melawan mereka.

Prediksi Formasi Susunan Pemain Spanyol vs Prancis

Susunan sebelas pemain Spanyol yang selalu sama – meski ada beberapa perubahan untuk pertandingan Grup B melawan Albania – akan menampilkan setidaknya tiga wajah baru pada hari ini.

Bek kanan berpengaruh Dani Carvajal dan bek Prancis kelahiran Robin Le Normand harus menjalani skorsing, sementara Pedri dipaksa keluar di tahap awal perempat final Jumat, meninggalkan lapangan dengan menangis – gelandang Barcelona mengalami cedera ligamen kolateral medial dan tidak akan bermain lagi musim panas ini.

Pasangan veteran Nacho dan Jesus Navas kemungkinan akan menggantikan lini belakang La Roja, sementara penampilan bintang Dani Olmo yang mengesankan melawan Jerman seharusnya membuat bintang berbasis Bundesliga ini menggantikan Pedri.

Gelandang utama Rodri telah mencoba dan menyelesaikan umpan terbanyak dari pemain mana pun yang akan berpartisipasi di semi-final Euro 2024 pertama; Aurelien Tchouameni dari Prancis menempati peringkat kedua dalam hal itu.

Di lini depan, kapten Alvaro Morata akan kembali didukung oleh Nico Williams dan Lamine Yamal yang berusia 16 tahun, yang terakhir telah menciptakan 14 peluang untuk rekan satu timnya di turnamen ini – terbanyak oleh pemain Spanyol di turnamen besar sejak total Xavi 25 di Euro 2012, dan juga oleh remaja mana pun hingga saat ini.

Dengan status bersih pada tahap ini, Prancis tidak memiliki masalah disiplin untuk dikhawatirkan, tetapi cedera hidung Kylian Mbappe tetap menjadi sumber kekhawatiran bagi Didier Deschamps, karena timnya kekurangan daya ledak di sepertiga akhir.

Mantan striker Paris Saint-Germain ini hanya mencetak satu gol dari 20 tembakan di Euro 2024 sejauh ini; memang, tingkat golnya di Kejuaraan Eropa hanya 3%. Itu sangat kontras dengan rekornya di Piala Dunia, di mana catatan 12 gol dari 39 tembakan mewakili tingkat konversi 31%.

Sebaliknya, ‘Magic’ Mike Maignan bisa membanggakan rasio penyelamatan 94% hingga titik ini – yang terbaik dari kiper mana pun yang telah bermain lebih dari satu pertandingan di Jerman dan juga sejak Iker Casillas selama kemenangan Spanyol pada 2012. Penjaga gawang AC Milan ini telah mencatatkan empat clean sheet sejauh ini.

Sementara itu, Marcus Thuram dan Ferland Mendy harus mengatasi cedera ringan, dan Adrien Rabiot kembali dari skorsing satu pertandingan, tetapi masih harus dilihat apakah yang terakhir dapat menggantikan rekan setim baru Mbappe di Real Madrid, Eduardo Camavinga, yang bertindak sebagai pengganti di lini tengah Prancis melawan Portugal.

Pasti akan memulai di lini tengah, N’Golo Kante telah memainkan pertandingan terbanyak dalam sejarah Kejuaraan Eropa tanpa pernah kalah – menang delapan kali dan seri lima kali – jadi bisa dianggap sebagai jimat keberuntungan Les Bleus.

Perkiraan Starting Lineup Spanyol: Simon: Navas, Nacho, Laporte, Cucurella; Olmo, Rodri, Ruiz; Yamal, Morata, Williams

Perkiraan Starting Lineup Prancis: Maignan; Kounde, Saliba, Upamecano, Hernandez; Kante, Tchouameni, Rabiot; Griezmann; Kolo Muani, Mbappe

Prediksi Hasil Skor Spanyol vs Prancis : 1 – 0

Dalam pertemuan keenam antara Spanyol dan Prancis di turnamen besar, ini pasti menjadi giliran tim La Roja yang terinspirasi untuk meraih kesuksesan lagi.

SpanyolWWWWW
PrancisWDDWW
Hasil 5 pertandingan terakhir masing-masing tim

Mengabaikan adu penalti, Les Bleus hanya kalah satu kali dari 16 pertandingan Kejuaraan Eropa terakhir mereka, selain hanya kebobolan satu gol dalam tujuh pertandingan internasional terakhir mereka – tetapi mereka mungkin akan bertemu lawan seimbang pada hari Selasa.

Kecepatan dan kecemerlangan Spanyol mungkin awalnya terhambat oleh tembok biru yang kokoh, tetapi mereka pada akhirnya akan menemukan cara untuk menembus pertahanan terkuat di Eropa dan mengklaim tempat yang pantas di final.

Analisis kami terhadap semua data yang tersedia, termasuk performa terbaru dan statistik pemain, menunjukkan hasil paling mungkin dari pertandingan ini adalah kemenangan Spanyol dengan probabilitas 43,44%. Kemenangan untuk Prancis memiliki probabilitas 30,32% dan hasil imbang memiliki probabilitas 26,2%.

Skor paling mungkin untuk kemenangan Spanyol adalah 1-0 dengan probabilitas 10,88%. Skor berikutnya yang paling mungkin untuk hasil itu adalah 2-1 (8,9%) dan 2-0 (7,76%). Kemenangan paling mungkin untuk Prancis adalah 0-1 (8,75%), sementara untuk skor imbang adalah 1-1 (12,47%).

To top